Rencana Kerja

PROGRAM PRIORITAS DAN SASARAN

1. Bidang Pembinaan Anggota Muda

Prioritas : Peningkatan kualitas Kepramukaan dalam bentuk kegiatan yang lebih menarik dan menatang, yang mampu memberikan bekal nilai-nilai kepribadian, watak, moral dan disiplin, melalui Program Peserta Didik (Youth Program) yang telah dimutakhirkan dan diselenggarakan dengan berlandaskan pada Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara aktif.

Sasaran yang ingin dicapai :

Sasaran 1 : Program Kegiatan Anggota Muda

Pemutakhiran program kegiatan anggota muda yang penerapannya harus dilakukan secara terus menerus agar lebih menarik serta sesuai perkembangan dan minat anggota muda dan kebutuhan masyarakat.

Sasaran 2 : Penerapan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan Secara Efektif

Meningkatkan aksi terpadu yang melibatkan Kwartir Ranting dan Gugus Depan dalam penerapan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan secara efektif melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif, inovatif dan rekreatif.

Sasaran 3 : Peningkatan Kualitas Temu Giat

Menyelenggarakan temu giat untuk anggota muda secara berkala dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas Kepramukaan, yang terdiri dari pengembangan sikap ketakwaaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, budi pekerti dan sikap disiplin.

2. Bidang Pembinaan Anggota Dewasa

Prioritas : Pengimplementasian pembinaan anggota dewasa dalam Kepramukaan yang menitikbertakan pada penyediaan pembinaan mahir/pelatih pembina mahir yang berkualitas, mempunyai kompetensi dalam bidangnya, berkomitmen dan kemauan yang kuat dalam mengembangkan kecakapan dan keterampilannya, serta sikapnya dalam membina/melatih dalam bidang Kepramukaan.

Sasaran yang ingin dicapai :

Sasaran 1 : Menyusun Perkiraan Dan Rencana Kebutuhan Pembina/Pelatih.

Menyusun perkiraan rencana kebutuhan Pembina dan Pelatih Pembina untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. Perhitungan ini dilaksanakan secara terpadu antara Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting.

Sasaran 2 : Menyusun Program dan Peningklatan Kemampuan Anggota Dewasa.

Mengembangkan program peningkatan kempampuan anggota dewasa secara bertahap dan berkesinambungan.

Sasaran 3 : Implementasi Sistem Diklat.

Pemantapan manajemen dan kualitas Pusdiklatcab yang direncanakan secara sistematis dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Sasaran 4 : Penyelenggaraan dan Pelatihan.

meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan  dan pelatihan bagi anggota dewasa, dalam rangka mempersiapkan pembina dan pelatih pembina di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sasaran 5 : Pengadaan Buku-Buku Pedoman Kepramukaan.

Untuk menunjang upaya pembinaan anggota dewasa dipandang perlu memperbanyak dan mendistribusikan buku-buku pedoman Kepramukaan ke setiap Kwarir Ranting.

3. Bidang Organisasi dan Hukum

Prioritas : Mengembangkan administrasi dan manajemen dalam Gerakan Pramuka yang tanggap terhadap tuntutan perkembangan zaman dan mampu mendayagunakan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien, mendorong Kwartir Cabang untuk mengembangkan kemampuan administrasi dan manajemen, termasuk pengembangan bank data mengenai Gugusdepan dan keanggotaan Gerakan Pramuka.

Sasaran yang ingin dicapai :

Sasaran 1 : Konsolidasi Organisasi

Penataan kembali badan kelengkapan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kotawaringin Barat agar fungsionalitasnya lebih baik.

Sasaran 2 : Pemberdayaan Kwartir Ranting

Fungsionalitas Kwartir Ranting, dengan pendefinisian permasalahan dan pengembangan rencana pemantapan Kwartir Cabang yang perlu diperhatikan peningkatan tata tertib administrasi umum Gerakan Pramuka, terutama fungsi Kwartir Cabang sebagai tumpuan atau pangkal administrasi dan agen pergerakan dalam membina Gugusdepan.

Sasaran 3 : Bank Data Gugus Depan dan Data Keanggotaan.

Pendataan Potensi Gugusdepan dan Keanggotaan Gerakan Pramuka di Wilayah Kotawaringin Barat secara berkala dan bersinambungan, sebagai tolak ukur peningkatan kualitas dan kuantitas Kepramukaan di Wilayah Kotawaringin Barat.

4. Bidang Keuangan, Usaha, Sarana dan Pramsarana

Prioritas : Mengupayakan kemandirian yang lebih besar dalam hal pendanaan guna mendukung program dan kegiatan Gerakan Pramuka, serta meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan yang lebih baik, meliputi kemampuan usaha dana dan penggunaan secara efisien.

Sasaran Yang ingin dicapai :

Sasaran 1 : Rencana Pendanaan dan Pengembangan Sumber Daya Keuangan.

Menupayakan pengembangan sumber daya keuangan dan usaha dana dalam kemandirian yang lebih besar dalam hal dana, untuk itu perlu dibuat suatu rencana pengembangan sumber daya keuangan yang lebih komprehensif.

Sasaran 2 : Pendayagunaan Aset dan Unit Usaha.

Pembenahan dan Pengembangan aset dan unit usaha agar lebih efektif dalam pemberian jasa pelayanannya, maupun dalam menghasilkan pendapat. Dana abadi tidak digunakan sebagai modal kerja, tetapi tetap dilaksanakan penambahan kuantitasnya.

Sasaran 3 : Impelementasi Sistem Administarasi Keuangan.

Mengusahakan perencanaan dan pengendalian keuangan sesuai yang ditentukan dalam Sistem Perencanaan, Pemprograman dan Penganggaran (SPPP) Gerakan Pramuka.

Sasaran 4 : Sistem Iuran dan Asuransi.

Iuran Anggota :

Menyusun Petunjuk Penyelenggaraan tentang Iuran Anggota yang sesuai dengan kondisi fisik Kotawaringin Barat. Pada Prinsipnya, harus ditekankan bahwa sedapat mungkin setiap anggota pramuka membayar iuran sebagai bukti keikutsertaannya dalam Gerakan Pramuka.

Asuransi :

Dalam hal ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kotawaringin Barat berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa asuransi kecelakaan untuk menjamin kesehatan kerja para anggota Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugas di lapangan.

5. Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat

Prioritas : Meningkatkan citra Gerakan Pramuka di Masyarakat. Peningkatan citra ini dapat diupayakan dengan jalan mengadakan unjuk prestasi dan bakti pramuka. upaya ini harus diduking dengan upaya mengembangkan kemampuan Kwartir Cabang dalam menyelenggarakan fungsi kehumasan.

Sasaran yang ingin dicapai :

Sasaran 1 : Pengembangan Sistem Komunikasi Yang Efektif

Untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka tidak cukup dengan penerangan lisan, perlu dikembangkan sistem komunikasi yang dapat menonjolkan kemampuan dan kinerja Gerakan Pramuka dalam membina watak peserta didik.

Sasaran 2 : Pelayanan Informasi Intern dan Ektern Yang Meluas.

Meningkatkan pelayanan informasi mengenai Kepramukaan baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun untuk masyarakat luas memalui media cetak dan media elektronik.

Sasaran 3 : Peningkatan Hubungan Kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Swasta.

Hubungan yang lebih baik antara Kwartir Cabang dengan Majelis Pembimbing Cabang dan Instansi Pemerintah dan Swasta perlu ditingkatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,107 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>